5 Kebiasaan Ini Menjadikan Tidur Lebih Berkualitas
5 Kebiasaan Ini Menjadikan Tidur Lebih Berkualitas

5 Kebiasaan Ini Menjadikan Tidur Lebih Berkualitas

Apa saja sih kebiasaan-kebiasaan baik yang perlu dilakukan sebelum tidur? Inilah 5 kebiasaan untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas

Apa sih aktivitas yang biasa anda lakukan sebelum tidur? Disadari atau pun tidak, ternyata kebiasaan kita sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur. Mendapatkan kualitas tidur yang baik tentu sangat diperlukan, karena tidur merupakan fase istirahat yang dibutuhkan tubuh. Jika tubuh mendapatkan jatah tidur secara cukup, tentunya akan baik untuk kesehatan.

Lalu apa saja sih kebiasaan-kebiasaan baik yang perlu dilakukan sebelum tidur? Inilah 5 kebiasaan untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas:

  1. Mandi air hangat

Di malam hari, suhu tubuh akan berada pada kondisi normal. Prof. Joyce Walseben dari Universitas New York menyarankan untuk mandi air hangat sebelum tidur. Dengan mandi air hangat selama 20-30 menit, maka suhu tubuh akan naik dan berangsur menurun. Kondisi tersebut yang akan membuat tubuh rileks dan dapat tidur dengan nyenyak.

  1. Mematikan lampu kamar

Tubuh sebenarnya sudah melepaskan hormon melatonin atau yang sering dikenal "hormon kegelapan" sejak dari sore hari. Hormon itulah yang akan membuat tidur lebih nyenyak dan hormon tersebut akan bekerja dengan baik apabila didukung oleh lingkungan yang nyaman, salah satunya dengan mematikan lampu kamar. Apabila anda tidak suka kegelapan, anda dapat memajang lampu redup untuk digunakan ketika tidur, sehingga paparan cahaya di ruang tidur anda tidak terlalu terang.

Tips agar tidur lebih berkualitas
Tips agar tidur lebih berkualitas



  1. Menghindari makanan berat

Hindari makanan berat dan makanan bercita rasa pedas sebelum tidur. Sebab hal tersebut berguna untuk menjaga organ pencernaan agar tak terlalu berat bekerja ketika tubuh akan beristirahat di malam hari.

  1. Mengatur rutinitas sebelum tidur

Melakukan rutinitas pada malam hari akan membuat otak lebih rileks, karena rutinitas tersebut akan bertindak sebagai alarm tubuh yang juga akan mengingatkan anda untuk segera tidur setelah selesai melakukan ritual aktivitas sebelum tidur. Anda dapat mengatur apa saja yang akan anda lakukan sebelum pergi tidur, seperti: menyiapkan baju kerja, menyikat gigi, atau mengoleskan pelembap pada wajah.

  1. Mematikan televisi

Berusaha tidur sambil menonton televisi bukanlah hal yang disarankan, karena televisi justru akan menstimulasi otak bekerja lebih cepat. Jadi, dibandingkan anda menyibukkan mata anda yang hendak tidur dengan tetap menatap layar televisi, mulai sekarang biasakan untuk melakukan hal yang membantu anda memperoleh tidur yang berkualias, seperti: melakukan meditasi sebelum tidur untuk merilekskan pikiran.

Nah, itulah 5 kebiasaan yang apabila diterapkan dapat membuat tidur lebih berkualitas. Adakah salah satunya  yang sudah menjadi kebiasaan anda?
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang ibu rumah tangga dengan sepasang putra-putri yang mendambakan keluarganya hidup sehat, bahagia, dan bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. Baginya, kesehatan merupakan karunia Allah yang harus dijaga, dan itu merupakan salah satu kekayaan yang paling berharga.