4 Makanan yang Berdampak Buruk Untuk Gigi
4 Makanan yang Berdampak Buruk Untuk Gigi

4 Makanan yang Berdampak Buruk Untuk Gigi

Tahukah anda, ada beberapa makanan yang apabila dikonsumsi dapat merusak gigi? Bahkan diantaranya ada pula makanan yang menyehatkan, tapi justru tak baik untuk gigi

Gigi  merupakan bagian dari tubuh yang akan bersinggungan dengan makanan yang kita makan, karena gigi berfungsi untuk menghaluskan makanan sebelum sampai ke tenggorokan dan diproses lebih jauh oleh tubuh.

Tahukah anda, ada beberapa makanan yang apabila dikonsumsi dapat merusak gigi? Bahkan diantaranya ada pula makanan yang menyehatkan, tapi justru tak baik untuk gigi. Berikut inilah 4 makanan tersebut:

  1. Buah jeruk, lemon dan anggur.

Buah-buahan ini memang menyehatkan tubuh, kandungan vitamin C yang tinggi pada buah ini dapat membantu menjaga kesehatan imun tubuh. Namun, ketiga buah tersebut mengandung asam sitrat yang akan menyebabkan erosi di bagian enamel gigi. Jika anda sudah selesai memakan buah tersebut, sebaiknya langsung berkumur atau menggosok gigi ya.

  1. Acar
Makanan yang Berdampak Buruk Untuk Gigi
Makanan yang Berdampak Buruk Untuk Gigi

Acar ini dibuat dari campuran sayuran yang dipotong kecil-kecil dan diberi cuka. Acar biasanya disajikan sebagai pendamping makanan lain, seperti: nasi goreng, pangsit, martabak telur, dan lain-lain. Sekilas sayuran yang terdapat pada acar memang bagus untuk kesehatan, tapi sebenarnya acar akan berdampak buruk pada gigi. Asam cuka yang ada di acar ini mampu merusak enamel gigi.

  1. Kopi

Bagi anda penikmat kopi, sudah tahukah jika kopi merupakan salah satu minuman yang dapat merusak gigi? Minuman kopi memiliki warna yang pekat dan sisa ampas kopi dapat menimbulkan plak pada gigi. Tak hanya itu, kandungan asam tannic yang ada di kopi dapat merusak lapisan enamel gigi.

  1. Permen

Jenis makanan ini sudah tidak diragukan lagi dapat menyebabkan kerusakan gigi. Sisa-sisa permen yang masih terasa pada gigi berpotensi menyebabkan gigi berlubang. Itu karena permen mengandung gula yang tinggi dan mengakibatkan gigi keropos apabila terus-menerus dikonsumsi tanpa menyikat gigi setelahnya.

Nah, itulah 4 makanan yang ternyata memiliki dampak buruk pada gigi. Apabila anda tergiur ingin mengonsumsi makanan tersebut segeralah berkumur atau jika perlu menyikat gigi setelahnya. Jangan pula imbangi dengan mengonsumsi makanan yang dapat menguatkan dan melindungi enamel gigi. Dengan begitu, gigi anda akan terawat dengan baik dan tetap sehat.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang ibu rumah tangga dengan sepasang putra-putri yang mendambakan keluarganya hidup sehat, bahagia, dan bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. Baginya, kesehatan merupakan karunia Allah yang harus dijaga, dan itu merupakan salah satu kekayaan yang paling berharga.