3 Tips Mengatur Pola Makan Agar Ginjal Tetap Sehat
3 Tips Mengatur Pola Makan Agar Ginjal Tetap Sehat

3 Tips Mengatur Pola Makan Agar Ginjal Tetap Sehat

Kali ini kita akan membahas lebih jauh makanan dan minuman apa saja yang baik untuk dikonsumsi agar ginjal tetap sehat

Ginjal menjadi organ yang cukup penting perannya bagi tubuh kita, yakni menyaring darah dari zat sisa dan dibuang dalam bentuk urin. Tentunya setiap organ yang ada di tubuh memiliki fungsinya masing-masing dan harus dijaga kesehatannya agar keseimbangan dalam tubuh terjaga. Namun, sayang sekali, kita sering kali tak sadar untuk menjaga organ-organ penting yang kita miliki, termasuk ginjal.

Kebiasan simpel seperti lebih mendahulukan air putih sebagai minuman yang perlu dikonsumsi dibanding minuman lain, masih sangat sulit untuk diterapkan. Padahal, mengatur makanan dan minuman yang masuk ke tubuh penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan. Nah, kali ini kita akan membahas lebih jauh makanan dan minuman apa saja yang baik untuk dikonsumsi agar ginjal tetap sehat:

  1. Makanan probiotik

Mengonsumsi minuman probiotik seperti yogurt disarankan, karena akan membantu fungsi ginjal. Bakteri baik yang ada dalam minuman tersebut mampu menjaga organ ginjal dan ginjal pun dapat menjalankan fungsinya dengan baik.


cara merawat ginjal secara alami
cara merawat ginjal secara alami


  1. Air putih

Mengonsumsi air putih secara cukup penting dilakukan agar ginjal tidak mengalami masalah kesehatan. Konsumsilah air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Air putih inilah yag akan membantu tubuh membersihkan zat sisa dan racun yang ada dalam tubuh, seperti: sodium, urea, dan lain-lain. Tanda kalau tubuh anda kekurangan air dan membutuhkan minum apabila urin yang dikeluarkan berwarna kuning keruh. Jangan biarkan ginjal bekerja terlalu keras, anda bisa meringankan pekerjaannya dengan meminum air putih secara cukup.

  1. Buah dan sayur

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang masih segar memiliki banyak vitamin yang baik untuk tubuh, termasuk ginjal. Jadi, pastikan anda mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya.

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman yang perlu anda konsumsi agar organ ginjal tetap sehat. Mengatur pola makan sangat penting demi kesehatan anda. Selain mengonsumsi makanan-makanan sehat, anda juga perlu menjauhi makanan-makanan yang buruk bagi tubuh, seperti: minuman berkarbonasi dan makanan berpengawet. Jaga kesehatan anda dan keluarga tercinta dengan mulai menerapkan pola hidup sehat, diantaranya dengan menjaga pola makan. Semoga informasi ini bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang ibu rumah tangga dengan sepasang putra-putri yang mendambakan keluarganya hidup sehat, bahagia, dan bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. Baginya, kesehatan merupakan karunia Allah yang harus dijaga, dan itu merupakan salah satu kekayaan yang paling berharga.