4 Ketahui Manfaat menyempatkan Sarapan Pagi yang Sering diabaikan Orang
4 Ketahui Manfaat menyempatkan Sarapan Pagi yang Sering diabaikan Orang

4 Ketahui Manfaat menyempatkan Sarapan Pagi yang Sering diabaikan Orang

Sering kali seseorang melewatkan sarapan pagi karena terburu-buru dan harus berpacu dengan waktu akibat jadwal yang padat serta sudah harus dimulai pada pagi hari. Dalam seminggu misalnya, seseorang hanya bisa sarapan pagi 2 kali saja pada hari libur di akhir pekan. Padahal sangat penting untuk membiasakan sarapan pagi setiap harinya. Nah, supaya anda lebih rajin untuk sarapan, berikut ini beberapa manfaat sarapan yang harus anda ketahui:

  1. Membuat berat badan stabil


Beberapa orang mengabaikan sarapan karena berpikir kegiatan tersebut akan menghambat keberhasilan program diet yang mereka jalani, pendapat tersebut justru keliru. Sebaliknya, sarapan akan membuat berat badan menjadi tetap stabil. Dengan anda melakukan sarapan pagi, maka anda akan lebih dapat menjaga perut dari rasa lapar yang sangat pada siang harinya. Ketika rasa lapar tersebut terkontrol dengan baik, maka makanan yang anda konsumsi pada siang hari tetap berada dalam porsi yang sewajarnya. ketika anda sudah dapat memenuhi kebutuhan makan dengan seimbang, maka berat badan pun akan menjadi ideal.

[caption id="attachment_773" align="aligncenter" width="590"]Manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh Manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Meningkatnya fungsi otak


Sebuah penelitian dari American Dietetic Association menunjukkan sarapan pagi berpengaruh pada meningkatnya kecerdasan kognitif seseorang. Dengan melakukaan sarapan di pagi hari, maka anda akan lebih siap menjalani aktivitas yang melibatkan fokus kerja otak. Terbukti seseorang yang menyempatkan sarapan memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dari pada yang tidak.

  1. Menjaga metabolisme tubuh


Selama tidur, tubuh kita tidak mendapatkan makanan dalam waktu yang lama sehingga kadar gula dalam tubuh menurun. Sementara pada pagi hari tubuh memerlukan cadangan energi untuk memulai aktivitas. Karbohidrat yang anda konsumsi ketika sarapan akan menjadi sumber energi, namun jika anda melewatkan sarapan pagi maka cadangan gula akan diambil dari lapisan otot pada organ liver. Karena itulah sarapan pagi penting agar metabolisme tubuh tidak terganggu serta membuat anda terbebas dari penyakit lambung.

  1. Terhindar dari diabetes


Seseorang yang mengabaikan sarapan pagi akan lebih berisiko terhadap penyakit diabetes tipe 2, karena itulah sarapan pagi menjadi penting agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut. Penjelasan tersebut dikupas secara lengkap dalam sebuah jurnal penelitian dari Clinical Nutrition.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat anda rasakan ketika terus menjalankan sarapan pagi setiap harinya. Setelah mengetahui manfaatnya, rasanya sayang bukan untuk melwatkan sarapan pagi? Sarapan tidak harus nasi kok, saat anda merasa tidak punya waktu dan terburu-buru, anda bisa juga mengonsumsi segelas susu dan buah apel atau pun roti gandum. Makanan tersebut juga menyediakan kalori yang cukup untuk menjadi energi anda dalam menjalankan aktivitas anda hingga siang hari. Mudah bukan?
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang ibu rumah tangga dengan sepasang putra-putri yang mendambakan keluarganya hidup sehat, bahagia, dan bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. Baginya, kesehatan merupakan karunia Allah yang harus dijaga, dan itu merupakan salah satu kekayaan yang paling berharga.