10 Obat Sakit Gigi Alami Tradisional
10 Obat Sakit Gigi Alami Tradisional

10 Obat Sakit Gigi Alami Tradisional

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena, jika berlubang, rasa sakitnya tidak bisa dilukiskan dengan apapun. Untuk mengobati sakit gigi ini biasanya banyak penderitanya yang menghubungi dokter gigi terdekat agar diberi resep untuk menghilangkan rasa sakitnya yang teramat sangat.
Tapi banyak juga yang memilih cara tradisional untuk mengobati sakit gigi. Indonesia merupakan negara tropis yang banyak tumbuh berbagai macam tanaman yang bisa digunakan untuk obat herbal. Termasuk juga untuk obat sakit gigi. Di bawah ini ada beberapa macam obat sakit gigi tradisional alami yang sering digunakan oleh masyarakat jaman dahulu saat mereka sakit gigi.

[caption id="attachment_644" align="aligncenter" width="300"]Obat sakit gigi alami tradisional Obat sakit gigi alami tradisional[/caption]

1. Daun Sirih


Sirih merupakan salah satu tanaman hias yang banyak tumbuh di halaman rumah. Bentuk pohonnya yang tidak terlalu tinggi serta merambat dan daunnya yang cantik kerap digemari para ibu rumah tangga sebagai tanaman hias yang cantik. Selain tanaman hias, manfaat sirih sebagai tanaman obat banyak dimanfaatkan orang untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya ialah untuk obat sakit gigi.
Cara pengolahannya sangat mudah. Ambil beberapa lembar daun sirih yang telah tua. Lalu rebus dengan menggunakan 2 gelas air. Rebus terus hingga menyisakan satu gelas air saja. Gunakan air rebusan daun sirih ini untuk berkumur. Usahakan saat berkumur mengenai gigi yang sakit atau berlubang. Lakukan rutin tiap hari hingga rasa sakit pada gigi hilang.

2. Bawang Putih


Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang juga mengandung banyak manfaat. Kandungan zat anti bakterinya mampu membunuh berbagai macam bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Termasuk juga bakteri yang menyerang gigi. Oleh karena itu, bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai obat untuk sakit gigi.
Caranya sangat mudah. Ambil satu siung bawang putih. Lalu kupas dan cuci hingga bersih. Kunyah bawang putih mentah ini dengan menggunakan gigi yang berlubang atau sakit. Kandungan anti bateri pada bawang putih ini akan membunuh bakteri penyebab sakit gigi yang ada pada gigi berlubang. Lakukan rutin minimal sehari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Getah Jarak


Getah jarak ini juga salah satu obat sakit gigi yang sering digunakan orang jaman dahulu. Karena caranya yang cukup mudah dan sederhana. Ambil getah jarak secukupnya. Lalu gunakan kapas yang bersih untuk mengambil getah jarak tersebut. Setelah itu, selipkan kapas yang mengandung getah jarak pada gigi yang berlubang. Lakukan rutin minimal sehari dua kali hingga rasa sakit pada gigi hilang dengan sendirinya.

4. Teh Hangat Tanpa Gula


Teh mengandung bahan anti peradangan yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Caranya, berkumurlah dengan menggunakan teh hangat tanpa gula. Sebisa mungkin gunakan teh kantung celup. Karena, setelah kita berkumur dengan menggunakan teh hangat, kita bisa menyelipkan kantung teh tersebut pada gigi yang berlubang atau terasa sakit. Zat anti peradangan pada teh mampu mengurangi rasa sakit dan bengkak yang ada pada gigi dan gusi.

5. Cabe Rawit


Cabe rawit tidak hanya bumbu dapur yang akan memberi rasa lezat yang pedas pada makanan. Tapi juga sangat ampuh untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit pada gigi yang berlubang. Caranya, haluskan cabe rawit. Lalu seduh dengan sedikit air. Gunakan air seduhan cabe rawit ini untuk berkumur.
Jika dengan cara ini tidak kuat karena pedasnya, bisa dengan cara lain.Yaitu, tumbuk cabe rawit, lalu beri sedikit air hingga membentuk seperti pasta. Lalu ambil dengan menggunakan kapas dan letakkan di atas gigi yang berlubang. Pastikan saat menumbuk biji cabenya juga tertumbuk halus. Karena, jika bijinya belum halus benar, justru akan menambah masalah pada gigi yang berlubang. Sebab jika biji yang masih utuh masuk pada gigi yang berlubang, akan menyumbat gigi tersebut.

6. Asam Jawa


Asam jawa termasuk juga salah satu obat sakit gigi peninggalan jaman nenek moyang dulu. Karena terbukti ampuh untuk mengurangi peradangan akibat gigi berlubang. Caranya sangat mudah. Ambil beberapa bijih asam jawa. Lalu sangrai atau bakar hingga kering. Setelah itu tumbuk hingga halus dan campur dengan sedikit air hingga membentuk seperti pasta.
Kemudian oleskan pasta bijih asam jawa tersebut pada gigi yang berlubang. Untuk hasil yang maksimal, gunakan minimal sehari satu kali hingga rasa sakit dan bengkak pada gigi hilang dengan sendirinya.

7. Minyak Batok Kelapa


Selintas memang sedikit kurang masuk akal. Tapi ternyata minyak batok kelapa telah banyak digunakan orang jaman dahulu sebagai obat untuk menghilangkan sakit gigi. Caranya, ambil satu buah batok kelapa. Lalu bakar hingga mengeluarkan minyak. Minyak inilah yang akan kita gunakan untuk mengobati sakit gigi.
Cara penggunannya sangat mudah. Ambil minyak batok kelapa tersebut dengan menggunakan kapas. Kemudian letakkan kapas pada gigi yang berlubang dan sakit. Diamkan kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu, berkumurlah dengan menggunakan air bersih. Reaksi obat ini sangatlah cepat. Sehingga sangat cocok digunakan bagi kita yang tidak tahan dengan rasa sakit pada gigi yang teramat sangat.

8. Minyak Cengkeh


Minyak cengkeh selain bermanfaat sebagai salah satu minyak urut juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi dan peradangan akibat gigi berlubang. Caranya sangat mudah. Teteskan beberapa tetes minyak cengkeh pada kapas yang bersih. Lalu letakkan kapas tersebut pada gigi yang berlubang, bengkak dan terasa sakit. Diamkan beberapa menit hingga khasiat obat tersebut bisa terasa. Setelah itu, berkumurlah dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa minyak cengkeh yang ada pada sela-sela gigi. Untuk hasil yang maksimal, gunakan rutin minimal sehari 3 kali.

9. Biji Jarak Cina


Ini juga termasuk pengobatan sakit gigi secara alami sejak nenek moyang dahulu. Caranya, ambil satu biji jarak cina. Kemudian haluskan dengan cara ditumbuk. Setelah halus, campurkan dengan air bersih. Lalu saring, dan gunakan air campuran biji jarak cina yang sudah disaring ini untuk berkumur-kumur. Hal ini bisa membantu menghilangkan kuman penyebab sakit gigi.
Untuk hasil yang sesuai dengan kita inginkan, gunakan rutin minimal sehari sekali. Setelah berkumur dengan menggunakan air biji jarak cina, diamkan mulut sekitar 15 menit. Setelah itu, berkumurlah kembali dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa-sia bijih jarak cina.

10. Daun Inggu


Daun inggu banyak kita temukan di sekitar rumah kita yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Cara penggunaannya sangat mudah. Ambil beberapa daun inggu, kemudian rebus dengan menggunakan air. Gunakan air rebusan daun inggu ini untuk berkumur membersihkan kulit. Khasiatnya adalah untuk menghilangkan bakteri yang ada pada mulut dan gigi yang berlubang.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang ibu rumah tangga dengan sepasang putra-putri yang mendambakan keluarganya hidup sehat, bahagia, dan bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. Baginya, kesehatan merupakan karunia Allah yang harus dijaga, dan itu merupakan salah satu kekayaan yang paling berharga.