Wanita, waspada 2 jenis penyakit rahim ini
Wanita, waspada 2 jenis penyakit rahim ini

Wanita, waspada 2 jenis penyakit rahim ini

Saat ini banyak sekali wanita yang terserang penyakit rahim. Tidak sedikit pula akibat dari penyakit yang menyerang organ reproduksi wanita ini menyebabkan kematian. Penyakit rahim merupakan suatu ancaman yang besar bagi kaum wanita. Diketahui bahwa saat ini pembunuh nomor satu di Indonesia termasuk dunia bagi wanita adalah penyakit rahim. Penyakit ini tidak bisa kita pandang sebelah mata saja, dampak yang sangat mengerikan dari penyakit ini sedang menunggu kaum hawa. Memang tidak semua dari jenis penyakit ini berakibat kematian, akan tetapi dampak-dampak lainnya seperti wanita tidak bisa memiliki keturunan. Bagi seorang wanita, tidak bisa memiliki keturunan adalah hal yang sangat menakutkan. Itulah sebabnya, wanita harus benar-benar mengetahui dengan jelas penyebab serta jenis penyakit rahim.

Penyakit rahim memang tidak menular, namun yang harus kita ingat adalah dampak yang akan terjadi. Kebanyakan masyarakat khususnya kaum wanita, masih sangat awam dengan penyakit rahim. Perlu banyak pengetahuan dan informasi-informasi penting mengenai penyebab, jenis, gejala, serta pencegahan seperti apa yang akan dilakukan pada penyakit rahim ini.

Jenis penyakit rahim


[caption id="attachment_562" align="aligncenter" width="363"]Penyakit rahim Penyakit rahim (ilustrasi)[/caption]

1. Endometriosis


Endometriosis adalah adanya jaringan endometrium / kelenjar/ stroma yang berada di luar uterus. Lokasi yang paling sering terserang penyakit ini adalah organ bagian pelvis. Secara periodik endometriosis mengalami pendarahan dan jaringan yang ada di sekitarnya mengalami perlekatan. Diketahui penyakit ini banyak ditemukan pada wanita usia reproduksi, namun beberapa kasus ada juga ditemukan pada wanita usia remaja dan pascamenopause.

Penyebab penyakit endometriosis


Penyebab pasti penyakit ini hingga saat ini belum dapat ditemukan dengan jelas. Akan tetapi tingginya kadar estrogen dapat memperparah kondisi penderita. Diketahui bahwa endometriosis terjadi saat jaringan endometrium tumbuh di luar rahim wanita. Ada juga yang mengatakan bahwa penyebab penyakit ini adalah kemungkinan darah kotor telah melimpah atau tumpah ke belakang rahim. Bisa terjadi karena wanita-wanita mengalami tekanan yang besar pada jiwanya (stres).

Gejala Penyakit Endometriosis



  • Rasa sakit yang parah pada daerah perut bagian bawah, hingga rasa sakit pada bagian panggul

  • Sakit yang semakin parah saat melakukan olahraga dan berhubungan seks, rasa sakit ini dapat menyebabkan penderita tidak bisa beraktivitas dengan normal.

  • Menstruasi tidak teratur.

  • Susah buang air besar, diare, hingga mengeluarkan darah ketika buang air kecil.

  • Kemandulan.


Gejala-gejala seperti di atas biasa terjadi karena faktor lainnya. Namun sebaiknya hal yang harus dilakukan adalah periksakan kesehatan kepada dokter. Saat memeriksakan ke dokter anda dapat bertanya sebanyak mungkin tentang penyakit ini. Serta dokter bisa melakukan tindakan lainnya, apakah bisa dengan mengonsumsi obat-obatan terlebih dahulu atau harus melakukan tindakan lainnya seperti operasi.

2. Kanker Serviks


Kanker serviks atau biasa dikenal dengan nama kanker mulut rahim. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum hawa. Menurut data WHO, ribuan wanita meninggal karena kanker serviks ini. Kanker serviks juga berada pada urutan teratas sebagai penyebab kematian wanita di dunia. Penyakit ini menyerang organ reproduksi wanita, tepatnya pada pintu masuk ke daerah rahim. Berada pada celah sempit antara alat kelamin wanita (vagina) dengan rahim.

Penyebab Kanker rahim


Sebanyak 99,7% kanker rahim disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Pola hidup yang tidak sehat juga merupakan faktor penyebab yang tinggi menderita kanker serviks. Seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin pada tubuh. Hal lainnya ialah sering melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan atau melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang sering berganti-ganti pasangan. Selain itu melakukan hubungan seksual pada usia dini yaitu pada rentang usia <16 tahun, akan berisiko 2 kali lebih tinggi terserang kanker serviks.

Tidak hanya itu faktor penyebab lainnya ialah terlalu sering melahirkan, faktor keturunan, dan penggunaan pil KB yang tidak cocok atau menggunakan dalam waktu yang lama.

Gejala kanker serviks



  • Keputihan yang banyak dan tidak normal, serta sering diikuti dengan pendarahan.

  • Terjadi pendarahan yang berulang ketika selesai berhubungan seksual atau saat membersihkan vagina.

  • Pendarahan yang semakin banyak dan bertambah parah. Serta diikuti oleh keputihan yang berbau busuk.

  • Rasa nyeri yang menjalar hingga bagian pinggang atau kaki, biasa terjadi pada stadium tingkat lanjut.

  • Rasa nyeri saat berkemih, kencing berdarah, serta pendarahan saat buang air besar.

  • Rasa nyeri saat berhungan seks.

  • Keluar cairan dari vagina yang diwarnai dengan darah.


Tindakan yang dapat dilakukan yaitu segera periksakan kondisi anda ke dokter, jika anda merasakan gejala-gejala tersebut pada diri anda. Namun ada beberapa tindakan pencegahan bagi kaum wanita.

  • Pola hidup yang sehat dengan menjaga konsumsi makanan serta asupan gizi dan nutrisi yang lengkap.

  • Menjaga kesehatan tubuh.

  • Jangan bersihkan organ genital (alat kelamin) dengan air yang kotor.

  • Sebaiknya hindari melakukan hubungan seksual pada usia dini.

  • Jangan melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda.

  • Rutin melakukan pemeriksaan setiap 2 tahun sekali, bagi yang sering melakukan hubungan seksual.

  • Lakukan vaksinasi HPV.


Penyakit di atas adalah 2 jenis dari banyak penyakit rahim yang diderita oleh manusia. Setelah mengetahui hal-hal di atas sebaiknya kita segera perbaiki pola hidup yang selama ini mungkin tidak sehat. Agar kita jauh dari risiko terserang penyakit rahim tersebut. Semoga artike ini bermanfaat bagi kita semua dan memberikan pengetahuan yang lebih untuk kita.

Jangan lupa menjaga kesehatan rahim Anda dengan bantuan suplemen, hubungi 081355077575 untuk info lebih lanjut
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang ibu rumah tangga dengan sepasang putra-putri yang mendambakan keluarganya hidup sehat, bahagia, dan bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. Baginya, kesehatan merupakan karunia Allah yang harus dijaga, dan itu merupakan salah satu kekayaan yang paling berharga.