Kenali Penyebab dan Gejala Stroke
Kenali Penyebab dan Gejala Stroke

Kenali Penyebab dan Gejala Stroke

Kenali Penyebab dan Gejala Stroke - Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang sangat ditakuti orang banyak. Kenapa tidak, penyakit ini tidak hanya menyebabkan kecacatan tetapi juga menyebabkan kematian. Tingkat kematian yang terjadi karena penyakit ini sangat tinggi. Penyakit yang menyerang fungsi otak dan merusaknya sehingga menimbulkan permasalahan yang besar.

Cerebrovascular Accident (CVA) atau biasa dikenal dengan penyakit Stroke. Penyakit stroke adalah dimana rusaknya sebagian dari otak manusia. Hilangnya fungsi-fungsi otak dengan cepat, karena terjadi gangguan saluran darah menuju otak. Hal itu bisa terjadi karena pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak tersumbat. Bisa juga dikarenakan pembuluh darah tersebut bocor atau robek. Stroke juga bisa terjadi karena iskemia atau kurangnya pasokan darah ke otak. Penyakit inilah yang saat ini banyak diderita masyarakat, tidak hanya di indonesia tetapi juga di negara lainnya. Penyakit ini tidak hanya membuat pasien sangat kesulitan, tetapi akan berpengaruh kepada keluarganya. Penyakit stroke sangat membutuhkan kesabaran dan ketelatenan, membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk pengobatannya.

[caption id="attachment_550" align="aligncenter" width="475"]Penyebab dan gejala stroke Penyebab dan gejala stroke (Gambar: wikipedia)[/caption]

Penyakit stroke iskemik bisa disebabkan oleh diabetes, mayoritas penderita diabetes terkena penyakit stroke sekitar 80%, sedangkan stroke pendarahan hanya 15%. Tetapi hal yang sangat mengejutkan penderita stroke pendarahan dapat menyebabkan kematian pada 40% penderita. Penyakit ini sangat mengerikan, mampu membunuh kita. Menurut data penelitian di negara kita Indonesia, 12 dari 1000 orang menderita stroke dan 1 orang dari 7 pasien stroke akan meninggal.

Dari data yang dilaporkan, penyakit ini merupakan penyebab kematian nomor tiga terbesar, serta peringkat pertama penyebab kecacatan di wilayah Amerika Serikat dan Eropa. Penyakit ini sudah masuk menjadi deretan penyakit berbahaya yang siap menyerang kapan saja. Penyakit ini tidak memandang usia, tidak hanya pada usia lanjut saja yang menjadi pasiennya tetapi saat ini penyakit stroke juga menyerang kaum muda. Saat ini penderita stroke di seluruh dunia yang berada pada usia di bawah 45 tahun terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Menurut hasil konfrensi para ahli saraf yang dilaksanakna di inggris mengatakan bahwa sebanyak 1000 penderita stroke yang usianya kurang dari 30 tahun. Badan kesehatan dunia atau WHO memprediksi bahwa kematian yang diakibatkan oleh penyakit stroke akan terus mengalami peningkatan, diiringi dengan kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung dan penyakit kanker yang lebih kurang sebanyak 6 juta di tahun 2010 menjadi 8 juta pada tahun 2030.

Gejala Stroke


Penyakit stroke ini membuat bagian tubuh yang terserang stoke tidak dapat bekerja seperti seharusnya. Gejala stroke yang dapat kita amati antara lain adalah tidak mampu menggerakkan satu atau lebih anggota tubuh dari salah satu sisi badan, tidak mampu berbicara serta juga tidak memiliki kemampuan melihat salah satu sisi dari luas pandang. Itu hanya sebagian kecil dari gejala stroke, masih banyak lagi gejala yang harus kita ketahui. Tidak hanya karena penyumbatan aliran darah menuju otak saja, tetapi kurangnya aliran oksigen juga merupakan faktor penyebabnya. Hipertensi, kadar kolesterol yang tinggi, pengerasan pembuluh darah, gangguan organ jantung, diabetes, keturunan dari keluarga penderita stroke, serta sakit kepala sebelah merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya penyakit stroke.

Sebuah data statistik menunjukkan 80% penyebab stroke adalah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan pengerasan pembuluh darah. Penderita stroke yang usia lanjut ataupun usia muda dapat terjadi dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Makanan yang kita konsumsi juga mempengaruhi timbulnya gejala-gejala stroke. Mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi serta malas bergerak merupakan faktor penyebab penyakit stroke terjadi dan kebanyakan terjadi pada rentang usia muda. Gemar mengonsumsi makanan cepat saji, minuman bersoda dan alkohol juga menjadi faktor pemicu stroke. Perilaku lainnya yaitu malas bergerak atau olahraga. Mengapa malas berolahraga juga memicu stroke? Karena aliran darah yang tidak lancar tersebar ke seluruh tubuh kita terutama ke otak. Jadi berolahraga sesering mungkin agar aliran darah mengalir dengan baik untuk menghindari risiko terkena penyakit stroke. Memperhatikan makanan yang kita konsumsi, jauhi makanan yang berlemak dan mengandung kolesterol yang tingi. Jauhi makanan cepat saji serta hindari minuman bersoda, merokok juga sebaiknya dihindari untuk mencegah munculnya penyakit stroke. Selain memperbaiki pola hidup menjadi pola yang sehat, pengobatan yang benar dan menjalani terapi juga mempercepat proses penyembuhan bagi pasien stroke.

Pertolongan pertama pada stroke


Penyakit ini bisa saja mendadak datang kepada kita dan orang-orang terdekat kita, saat itu lah kita harus mengenali gejalanya lalu melakukan tindakan pertolongan pertama. Ada sebuah tips mudah yang bisa dilakukan saat gejala stroke mulai muncul, saat gejala muncul segera keluarkan darah dari ujung jari tangan dengan menggunkan benda tajam atau jarum yang telah disterilkan. Selanjutnya, tarik-tarik daun telinga pasien hingga terlihat memerah. Setelah itu dapat mengeluarkan darah bagian belakang daun telinga seperti saat mengeluarkan darah pada jemari tadi. Semoga informasi dan tips yang diberikan dapat bermanfaat bagi kita semua dan bisa mencegah diri kita serta orang-orang yang kita sayangi dari penyakit stroke.

Untuk Anda yang membutuhkan suplemen untuk mencegah atau terapi penyakit stroke, silahkan hubungi 081355077575.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang ibu rumah tangga dengan sepasang putra-putri yang mendambakan keluarganya hidup sehat, bahagia, dan bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. Baginya, kesehatan merupakan karunia Allah yang harus dijaga, dan itu merupakan salah satu kekayaan yang paling berharga.