5 Gejala Kanker Ovarium Yang Wajib Anda Ketahui
5 Gejala Kanker Ovarium Yang Wajib Anda Ketahui

5 Gejala Kanker Ovarium Yang Wajib Anda Ketahui

5 Gejala Kanker Ovarium Yang Wajib Anda Ketahui - Bagi sebagian wanita Indonesia mungkin ancaman kanker ovarium tidak membuat mereka takut. Minimnya sosialisasi terhadap ganasnya kanker ovarium, membuat penyakit ini belum terlalu dipandang.

Berdasarkan data dari International Union Against Cancer (UICC) pada tahun 2008 tercatat 7,6 juta angka kematian akibat kanker. Sementara diprediksi pada tahun 2030 diperkirakan terdapat 13,1 juta angka kematian di dunia akibat kanker.

Mulai dari sekarang kenali gejala-gejala kanker ovarium. Berikut gejala-gejalanya seperti dipaparkan oleh Prof Andrijono SpOG (K), dokter sub-spesialis Obstetri dan Ginekologi Onkologi Departemen Ilmu Kebidanan dan Kandungan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

[caption id="attachment_450" align="aligncenter" width="398"]gejala kanker ovarium Kanker ovarium tampak dari bagian dalam[/caption]

5 Gejala Kanker Ovarium Yang Wajib Anda Ketahui


Abdomen (perut) membesar
Apabila perut Anda terlihat membesar, jangan anggap itu hanya buncit biasa. Periksalah segera ke dokter untuk memastikan apakah Anda terkena kanker ovarium atau tidak.

Perut kembung
Apabila perut sering merasa begah padahal tidak sedang kekenyangan, Anda harus waspada. Karena salah satu tanda mengidap kanker ovarium adalah perut sering kembung.

Mengeluarkan urine di luar kendali
Apabila Anda termasuk orang yang sering "beser" jangan anggap itu wajar-wajar saja. Segeralah lakukan pemeriksaan medis untuk memastikan apa yang terjadi di tubuh.

Penurunan berat badan
Anda merasa timbangan berat badan berkurang padahal sedang tidak dalam program diet? Sebaiknya hati-hati. Itu bisa saja salah satu gejala kanker ovarium.

Pendarahan
Jika Anda mengalami pendarahan saat berhubungan intim atau masa haid Anda melebihi batas normal periode menstruasi. Maka, segeralah periksa ke dokter.

Untuk mengobati kanker ovarium, ada tiga cara yang bisa dilakukan. Mulai dari pembedahan, kemoterapi, hingga targeted therapy.

Menurut Prof Andrijono untuk pengidap kanker stadium 1 dan 2 aspek fertilitas dapat dipertahankan. Caranya dengan melakukan operasi. Namun, untuk pengidap stadium 3 dan 4 harus diberi tambahan kemoterapi. Biasanya sebanyak tiga seri, setelah itu baru dapat dioperasi. Apabila setelah kemoterapi 3 seri belum berhasil juga maka akan diperpanjang masa kemoterapinya menjadi 3 seri lagi dan seterusnya.

Demikianlah 5 Gejala Kanker Ovarium Yang Wajib Anda Ketahui, semoga bermanfat. Untuk Anda wanita, pertahankan kesehatan Anda dengan produk Transfer Factor BelleVie. Dan jika Anda terkena kanker, Anda bisa menambahkan produk Transfer Factor Plus dan Transfer Trifactor. Untuk pemesanan silahkan hubungi 081355077575.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang ibu rumah tangga dengan sepasang putra-putri yang mendambakan keluarganya hidup sehat, bahagia, dan bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. Baginya, kesehatan merupakan karunia Allah yang harus dijaga, dan itu merupakan salah satu kekayaan yang paling berharga.