MENAIKKAN BERAT BADAN
MENAIKKAN BERAT BADAN

MENAIKKAN BERAT BADAN

Seperti yang banyak dibahas oleh berbagai media kesehatan bahwasanya badan ideal identik dengan tubuh yang sehat. Dengan tubuh yang proporsional penampilan jadi lebih menarik, kepercayaan diri pun semakin meningkat. Apakah anda termasuk salah satu yang memiliki tubuh ideal? atau malah memiliki masalah dengan berat badan yang terlalu kurus? Jika Anda memiliki masalah dengan berat badan yang terlalu gemuk, silahkan baca Obesitas.

Untuk membantu program meningkatkan berat badan ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab. Karena pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting artinya bagi keberhasilan program ini. Kurangnya berat badan bukan hanya masalah asupan makanan tapi banyak faktor lain yang perlu diperhatikan.  Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang saya ajukan sekaligus jawaban untuk mendukung program peningkatan berat badan anda.

  1. Apakah orang tua Anda atau moyang Anda berperawakan kurus pada masa mudanya ?
    Faktor genetik memiliki pengaruh sekitar 33% terhadap berat badan seseorang, artinya kemungkinan seseorang untuk kurus atau gemuk sangat ditentukan pula oleh faktor (keturunan). Sehingga meskipun Anda sudah banyak konsumsi makanan namun ada kemungkinan seseorang tidak akan gemuk karena faktor genetik kurus yang diwariskan oleh orang tua atau moyangnya.

    [caption id="attachment_738" align="aligncenter" width="423"]Menaikkan berat badan Menaikkan berat badan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  2. Apakah Anda menderita penyakit tertentu ?
    Penyakit-penyakit tertentu seperti TBC, ASMA, Diabetes, penyakit pada saluran pencernaan, gangguan hormon tiroid, kanker, dan lain-lain dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk meningkatkan berat badan bahkan pada beberapa kondisi justru berat badannya akan semakin merosot.

  3. Bagaimana pola dan menu makan Anda?
    Sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi anda yang mengalami kesulitan menaikkan berat badan adalah apakah asupan makanan anda sudah benar-benar cukup kandungan nutrisinya ? orang kurus lebih perlu banyak asupan makanan yang mengandung lemak, protein dan karbohidrat yang super ekstra seperti daging, susu, telur, keju. Usahakan pilihlah lemak yang sehat. Selain itu pola makan harus dijaga, buat jadwal kapan anda harus makan pagi, siang dan malam dan jalankan dengan baik jadwal yang sudah anda buat tersebut.

  4. Apakah anda berolahraga ?
    Olahraga sangat penting bagi kesehatan anda, dengan olahraga energi yang kita keluarkan akan memaksa tubuh untuk mengganti energi yang terbuang dengan respon lapar dan meningkatkan nafsu makan kita, Sehingga semakin lahap kita menyantap makanan yang tubuh kita perlukan. Selain itu dengan olahraga pembentukan otot-otot kita juga akan semakin baik. Setidaknya lakukan olahraga 1 jam setiap tiga kali seminggu  agar program ini dapat terlaksana dengan baik. Pilihan olahraga yang cocok untuk penggemukan seperti fitness (body building).

  5. Apakah Anda Perok*k ?
    J
    ika anda merok*k, hentikan sekarang juga. Karena seorang perok*k cenderung memiliki berat badan rata-rata lebih kurus ketimbang orang yang tidak merok*k. Berdasarkan Studi yang dilakukan oleh Yale University, Amerika Serikat menemukan bahwa nikot*n dapat mengaktifkan neuron tertentu di bagian otak (hipotalamus). Sistem saraf inilah yang bertindak sebagai penekan nafsu makan di otak sehingga penggunanya cenderung untuk lebih malas atau sedikit makan.

  6. Apa pekerjaan Anda ?
    Pekerjaan juga mempengaruhi kebiasaan kita, pekerjaan yang berat dan menyita banyak waktu menyebabkan anda seringkali mengabaikan waktu makan, hal ini selain membahayakan kesehatan anda juga semakin membuat berat anda akan terus merosot. Jadi sesibuk apapun anda usahakan pola makan tetap dijaga dengan baik sisakan 5-10 menit waktu anda untuk makan.

  7. Apakah anda cukup minum air putih setiap hari ?
    Asupan cairan yang cukup setiap hari dapat membantu memperlancar sistem pencernaan kita hal ini tentu saja akan menyebabkan proses penyerapan nutrisi dari makanan ke dalam sel-sel tubuh kita berjalan semakin baik. Oleh karena sebab itu usahakan minum 8 gelas air putih ataiu kurang lebih 2 liter perhari agar tubuh tetap bugar dan berisi.

  8. Apakah anda sering minum kopi ?
    Mulai saat ini berpikirlah ulang untuk minum kopi, karena selain dapat   meningkatkan metabolisme tubuh kafein dalam kopi juga dapat bertindak sebagai penahan nafsu makan. Selain itu kandungan asam dalam kopi juga dapat meningkatkan asam lambung yang berujung pada resiko terjadinya sakit maag yang semakin membuat anda mengalami kesulitan untuk makan.

  9. Apakah anda sedang banyak pikiran (stress) ?
    Stress memang bisa meningkatkan nafsu makan seseorang , namun tak sedikit orang yang terlalu banyak pikiran ataupun stress justru menjadi malas untuk makan.

  10. Apakah anda bahagia ?
    Orang yang bahagia cenderung akan membuat nafsu makannya meningkat, coba perhatikan pasangan-pasangan suami istri yang baru saja menikah, diawal pernikahan berat mereka biasanya masih ideal namun setelah beberapa lama biasanya akan mulai meningkat karena kebahagiaan mereka, karena adanya saling memperhatikan, karena ada yang menyiapkan apa yang akan mereka makan setiap hari. Jadi buatlah diri anda bahagia maka berat akan otomatis ikut meningkat.


Itulah beberapa pertanyaan sekaligus jawaban yang bisa Anda praktekkan untuk sedikit membantu permasalahan Anda yang mengalami kesulitan untuk meningkatkan berat badan.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang ibu rumah tangga dengan sepasang putra-putri yang mendambakan keluarganya hidup sehat, bahagia, dan bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. Baginya, kesehatan merupakan karunia Allah yang harus dijaga, dan itu merupakan salah satu kekayaan yang paling berharga.