KANKER
KANKER

KANKER

Puru ayal atau kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:

  • tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)

  • menyerang jaringan biologis di dekatnya.

  • bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.


Tiga karakter ganas inilah yang membedakan kanker dari tumor jinak. Sebagian besar kanker membentuk tumor, tetapi beberapa tidak, seperti leukemia.

Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Kebanyakan kanker menyebabkan kematian. Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok dapat menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya. Tumor (bahasa Latin; pembengkakan) menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa "ganas" (bersifat kanker) atau "jinak" (tidak bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis. Kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ lain.

[caption id="attachment_728" align="aligncenter" width="590"]Kanker Kanker (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Gejala Kanker


Memang tidak mudah untuk mengenali suatu tanda atau gejala hingga dicurigai kanker. kanker pada stadium awal biasanya tidak menimbulkan gejala. Gejala kanker akan muncul apabila sudah berkembang ke tahap lebih lanjut.

Gejala umum kanker

a. Benjolan yang tumbuh

Tanda umum kanker adalah benjolan daging yang tumbuh. Benjolan biasa ditemukan di payudara, leher, ketiak atau bagian tubuh lain. Benjolan biasanya tidak terasa sakit saat ditekan. Rasa sakit akan timbul saat benjolan telah membesar.

Memang tidak semua benjolan adalah kanker. Karena itu, perlu pengamatan sekitar satu sampai dengan tiga bulan untuk mengetahuinya (masa observasi). Benjolan dimungkinkan sebagai kanker jika ukurannya semakin besar dan disertai dengan gejala sakit yang semakin memburuk.

b. Sakit yang tidak kunjung membaik

Beberapa jenis kanker seperti kanker paru dan kanker rahim tidak memperlihatkan benjolan yang kasat mata. Hal inilah yang menyulitkan pada proses pemeriksaan deteksi awal. Pasien biasanya merasa keaskitan saat benjola telah mulai membesar. Alhasil, pasien kebingungan karena sakit yang diderita kerap muncul atau keadaan fisik bertambah memburuk meski telah diobati dengan berbagai obat atau antibiotik.

Beberapa gejala kesakitan secara umum akibat kanker sebagai berikut:

  • Koreng atau borok yang sulit sembuh

  • Pengeluaran darah tidak normal dari hidung, mulut, alat vital atau anus

  • Batuk yang semakin memburuk

  • Suara berubah menjadi serak secara permanen

  • Gangguan BAB (diare atau sembelit)

  • Rasa tidak nyaman pada perut atau pinggul

  • Gangguan dalam proses buang air kecil

  • Perubahan bentuk, ukuran atau warna pada tahi lalat


c. Penurunan bobot badan secara dratis

Pasien kanker biasanya mengalami penurunan bobot badan secara drastis dalam waktu singkat tanpa sebab yang pasti. Misalnya, penurunan bobot badan sebesar 10 kg dalam waktu singkat (1-3 bulan) tanpa upaya diet dari pasien. Hal tersebut patutu dicurigai sebagai gejala kanker.

Ketika sel kanker berkembang biak tidak terkendali, maka aliran darah dan aliran udara akan terhambat. Akibatnya, sel-sel sehat menderita kelaparan secara massal. Tak heran jika seorang penderita kanker stadium lanjut biasanya memiliki tubuh sangat kurus.

Sistem imun yang kuat adalah kunci penting untuk melawan infeksi dan kanker serta tumor.

Sistem imun yang lemah membuat tubuh mengalami infeksi karena serangan berbagai virus, bakteri, parasit, dan hewan mikroba lainnya. Selain itu sel-sel kanker dan tumor akan berkembang dalam tubuh tanpa ada sistem imun yang kuat yang dapat membunuh sel-sel kanker tersebut.

Sistem imun yang lemah (under reaction), berpotensi menyebabkan penyakit tumor dan kanker mudah muncul dari dalam tubuh kita. Seperti kanker payud*ra, kanker otak, kanker rahim, kanker paru-paru, kanker usus, tumor, kista, kanker kelenjar getah bening dan lainnya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang ibu rumah tangga dengan sepasang putra-putri yang mendambakan keluarganya hidup sehat, bahagia, dan bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. Baginya, kesehatan merupakan karunia Allah yang harus dijaga, dan itu merupakan salah satu kekayaan yang paling berharga.