Alergi
Alergi

Alergi

Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap benda asing  tertentu yang disebut alergen. Alergen sebenarnya adalah zat yang tidak berbahaya bagi tubuh. Alergen masuk ke tubuh bisa melalui saluran pernapasan, dari makanan, melalui suntikan atau bisa juga timbul akibat adanya kontak dengan kulit.

Zat yang paling sering menyebabkan alergi: Serbuk tanaman; jenis rumput tertentu; jenis pohon yang berkulit halus dan tipis; serbuk spora; penisilin; seafood; telur; kacang panjang, kacang tanah, kacang kedelai dan kacang-kacangan lainnya; susu; jagung dan tepung jagung;sengatan insekta; bulu binatang; kecoa; debu dan kutu. Yang juga tidak kalah sering adalah zat aditif pada makanan, penyedap, pewarna dan pengawet.

Penyebab Alergi
Penyebab alergi adalah karena sel-sel kekebalan tubuh tidak bisa mengenali alergen sebagai obyek yang tidak berbahaya, tetapi malah mengenali mereka sebagai musuh yang harus diserang habis-habisan sehingga menimbulkan peradangan pada organ tubuh.

[caption id="attachment_56" align="aligncenter" width="368"]JUAL TRANSFER FACTOR | https://jualtransferfactor.com | JUAL | TRANSFER FACTOR | UNTUK | ALERGI | 081355077575 JUAL TRANSFER FACTOR | JUAL | TRANSFER FACTOR | UNTUK | ALERGI[/caption]

Gejala Alergi
Gejala klinis terjadi karena reaksi imunologik yang tidak semestinya tersebut dapat mengganggu organ tertentu yang disebut organ sasaran. Jika organ sasaran tersebut misalnya paru-paru maka manifestasi klinisnya adalah batuk atau asma,
bila sasarannya kulit akan terlihat sebagai gatal-gatal, bila sasarannya hidung maka akan timbul hidung tersumbat atau pilek, bila organ sasarannya saluran pencernaan maka gejalanya adalah diare dan sebagainya.
Celakanya, tak hanya paru-paru atau kulit yang kerap jadi sasaran. Sistem susunan saraf pusat atau otak pun dapat terganggu oleh reaksi alergi. Apalagi otak merupakan organ tubuh yang sangat sensitif dan lemah. Jika fungsi otak terganggu, banyak sekali kemungkinan manifestasi klinisnya, termasuk gangguan perkembangan dan perilaku, semisal gangguan konsentrasi, gangguan perkembangan motorik, gangguan emosi, keterlambatan bicara, hiperaktif, hingga autisme. Renzoni A dkk tahun 1995 melaporkan autism berkaitan erat dengan alergi. Menage P tahun 1992 mengemukakan bahwa didapatkan kaitan IgE dengan penderita Autism.

Pengobatan Alergi
Karena penyebab alergi adalah sel-sel kekebalan tubuh yang tidak bisa mengenali alergen sebagai obyek yang tidak berbahaya, tetapi malah mengenali mereka sebagai musuh yang harus diserang habis-habisan, maka pengajaran terhadap sel-sel imun tersebut supaya mengenali alergen sebagai obyek yang tidak berbahaya adalah kunci sukses pengobatan alergi.

Bisakah pengajaran terhadap sel-sel imun ini dilakukan ?
Di dalam tubuh setiap mamalia terdapat molekul cerdas yang diberi nama Transfer Factor. Molekul inilah yang mengatur seluruh sel-sel imun kapan harus bertindak dan kapan harus tenang. Molekul ini menyimpan semua informasi imun berupa struktur kimiawi bibit penyakit (virus, kuman, jamur, sel kanker) yang pernah dikalahkan oleh sel-sel imun tubuh mulai usia 0 hingga sekarang. Ia juga menyimpan rumus antibodi yang pas dalam mengalahkan bibit penyakit tersebut.

Pada bayi yang baru lahir, sistem imunnya belum pernah mengalahkan bibit penyakit sehingga Transfer Factornya masih lugu alias kemampuannya masih 0. Kemampuan Transfer Factor bayi tersebut dapat dinaikkan secara cepat dengan cara memberikan ASI kolostrum (ASI antara 1-2 hari saat ibu melahirkan).
Mengapa bisa begitu ?
Karena di dalam ASI kolostrum mengandung 1% Transfer Factor ibu yang berisi informasi imun tentang gambaran dan cara mengalahkan berbagai bibit penyakit yang pernah dihadapi oleh sistem imun ibu. Transfer Factor ibu layaknya seorang intruktur yang mengajari Transfer Factor bayinya agar mampu mengalahkan berbagai bibit penyakit yang masuk ke tubuh bayinya. Maka dari itu bayi yang diberi ASI kolostrum memiliki daya tahan tubuh lebih bagus dari pada yang tidak diberi ASI kolostrum.

Untuk Informasi lebih lanjut hubungi 081355077575
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang ibu rumah tangga dengan sepasang putra-putri yang mendambakan keluarganya hidup sehat, bahagia, dan bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. Baginya, kesehatan merupakan karunia Allah yang harus dijaga, dan itu merupakan salah satu kekayaan yang paling berharga.